Pentingya Kualitas Lendir Serviks Untuk Kehamilan Anda

lendir serviks

Anda dan pasangan mungkin telah selesai menjalankan kekerabatan seks selama masa subur Anda. Pada dikala terbaring di pada sisi tubuh, memberikan pelukan hangat, serta terbaring bersama, Anda mungkin tak menyadari bahwa adanya kondisi seperti lalu lintas yang hiruk pikuk di ingar bingar ruas tol yang berlangsung di dalam Miss V Anda, sebagaimana air mani pasangan Anda dalam sebuah posisi untuk menempuh sel telor dan menjadi seorang ayah.

Selama bercumbu dikala masa ovulasi, sebagian ratus juta air mani berejakulasi ke dalam Miss V, tetapi sebagian ratus air mani saja yang akan menempuh tuba fallopi dan cuma ada satu air mani yang bisa menyuburkan sel telor. Pemilihan dan pengangkutan air mani via saluran Miss V menuju leher rahim merupakan salah satu kisah perubahan fisiologis dan petualangan terbesar di tubuh manusia. Perjalanan air mani ini dimungkinkan oleh perubahan pada lendir servik yang dipicu oleh peningkatan hormon estrogen yang berasal dari sel telor yang matang sebelum pelaksanaan ovulasi.

Lihat Juga : Cara Memperbanyak ASI Yang Ampuh

Kalau lendir servik atau CM (diketahui sebagai cervical fluid) tak mengalami perubahan yang amat spesifik pada pelaksanaan ovulasi, gerakan air mani akan terhambat sehingga minimnya kans untuk hamil. Untuk lebih memahami seberapa pentingnya CM yang subur berkwalitas agar sang istri kencang hamil, mari kita simak bagaimana kuantitas dan konsistensi perubahan lendir servik dikala siklus menstruasi pada wanita.

Beberapa besar, cervical fluid pada wanita bersifat sedikit dan kental. CM ini berperan untuk menghambat air mani dan kuman membahayakan yang menuju saluran reproduksi. Kekentalan CM terdiri dari serat panjang yang menyusun jaringan yang saling silang dan rapat sehingga menyulitkan air mani untuk menjalankan penetrasi. Hal ini masuk nalar dikarenakan beberapa besar waktu tak ada manfaat bagi sel-sel luar yang dapat berenang ke dalam tubuh manusia. Sesudah menjalankan kekerabatan intim selama masa subur Anda, air mani dicuci kembali keluar dari Miss V atau tertelan oleh sel darah putih di Miss V. Ekosistem Miss V juga bisa menolong air mani tak berjalan lewat “Go” dengan menjaga keasaman pH (<5) yang bisa menghentikan motilitas air mani (berenang).

Melainkan selama lima hari pada tiap-tiap bulannya dikala ovulasi mendekat, kondisi berubah. Ketika telor matang, folikel yang mengitarinya mengeluarkan kadar estrogen yang terus meningkat. Estrogen akan menyebabkan lendir di CM mengendalikan ulang untuk menyusun jalanan lurus yang baik yang memungkinkan air mani melaju dengan kencang untuk menempuh tuba fallopi dan sel telor.

Selama perubahan dalam struktur dan jalanan yang sebetulnya, jumlah CM yang diciptakan selama waktu subur pada seorang wanita meningkat secara dramatis. CM akan menjadi licin, lentur, bertekstur dan berwarna seperti putih telor (diketahui sebagai EWCM), dan seperti lotion dikala digosokkan pada jari. Banyak wanita akan mengamati EWCM ini pada baju dalam atau kertas WC dikala membersihkan Miss V, padahal mereka tak menyadari bahwa mereka sedang berovulasi.

Baca Juga: Obat Penyubur Kandungan Wanita

Mempelajari sistem untuk melacak absensi EWCM merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengidentifikasi masa subur seorang wanita. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bagan CM guna memaksimalkan atau menunda kehamilan, pastikan memeriksa pertanda-pertanda kesuburan Anda via Ovagraph, alat pengukur kesuburan legal dari Taking Charge of Your Fertility, buku terlaris dari Toni Weschler.

Ketika mutu lendir servik yang dibuat subur, penetrasi air mani via servik akan dioptimalkan. Ketika tingkat estrogen meningkat dalam aliran darah pada wanita, kadar kalsium menurun dan tingkat pH meningkat di dalam kanal Miss V. Perubahan ini mewujudkan air mani lebih aman dan terlindungi. Kalsium yang tinggi juga bisa memicu perubahan zat air mani hal yang demikian seperti mengurangi masa kehidupan air mani dan asam yang mengurangi motilitas air mani. Selama ovulasi, tubuh wanita membikin daerah sehat untuk air mani dengan menggeser ekosistem Miss V ke kalsium yang rendah dengan pH netral 7 hingga 8.

Perubahan kalsium dan pH juga memungkinkan lendir di servik menjadi lebih basah dan licin, seiring dengan terbentuknya jalanan air mani. Untuk membuatnya lurus, sel-sel yang disebut sel goblet yang menggetahkan lendir yang mengandung butiran mucin (sejenis protein). Pada hari-hari sebelum ovulasi, mucin yang disekresikan ini mulai membengkak dalam 10 detik sesudah dilepaskan, dan keduanya benar-benar menyebar ke gel EWCM yang licin untuk air mani dalam waktu 30 menit. Mani untuk melembabkan mucin ini berasal dari sel Miss V, mengingat sifat dari mucin yang gampang bocor sebab tingkat estrogen yang meningkat pada wanita. Kecuali itu, air yang berasal dari sel Miss V ini akan melarutkan butiran lendir dan meningkatkan volume CM 20 kali lipat.

Banyak perubahan lain pada CM juga terjadi sebab pendekatan ovulasi, termasuk pengalihan dari produksi pH gula asam ke gula netral, sekali lagi guna menolong mempertahankan pH secara maksimal untuk hidrasi air mani dan CM. Dan penurunan pra-ovulasif pada fruktosa CM juga terjadi untuk memodifikasi fungsi air mani di Miss V.

Seluruh perubahan kuantitas dan konsistensi CM yang terjadi sekitar waktu ovulasi amat penting untuk memilih dan melindungi air mani tersehat dan terkuat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pembuahan. Seiring air mani melintas lewat CM, air mani dengan mutu DNA tertinggi (bahan genetika) lebih disukai untuk diperbolehkan melaluinya. Dan tubuh wanita hal yang demikian bisa menolong turbo charge sperm dalam perjalanan menuju sel telor, dengan air mani menempuh tuba fallopi dalam hitungan menit sesudah ejakulasi.

Baca Juga : 19 Cara Cepat Hamil Paling Mudah

Secara khusus, kontak air mani dengan lendir leher servik bisa mempercepat jalannya air mani yang berarti bahwa kian banyak lendir, kian elastis dan berair lendir serviksnya, kian kencang spema bergerak pesat menuju sel telor. Dan kontraksi di tubuh wanita juga menolong untuk menggerakkan air mani dengan kencang untuk membuahi sel telor. Faktanya, dalam 45 menit dari menjalankan kekerabatan intim paling banyak, bila tak segala, air mani yang ikut serta dalam pembuahan sudah menempuh Tuba Fallopi.

Sama baiknya dengan air mani sebagai EWCM yang sehat, tak segala wanita secara tetap menciptakan mutu atau kuantitas pada CM subur yang diperlukan untuk mengotimalkan kesuburan natural. Faktanya, hingga 20% kasus kesuburan suboptimal pada wanita mungkin disebabkan oleh gangguan pada produksi EWCM. Tertib hormonal produksi CM amat diberi pengaruh oleh tingkat estrogen wanita. Estrogen membikin CM subur dengan meningkatkan aliran air via sel Miss V untuk hidrasi, menurunkan kadar kalsium Miss V, dan menaikkan pH Miss V. Seluruh perubahan ini dibutuhkan untuk memungkinkan hidrasi lendir yang kencang diperlukan untuk mengurangi ketebalan CM dan menyusun jalanan yang diperlukan air mani untuk bergerak kencang via saluran reproduksi wanita. Klik disini untuk mengenal sistem meningkatkan produksi cervical mucus (lendir rahim) yang berkwalitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*