BEGINILAH TAHAPAN CARA KERJA CAT EPOXY LANTAI

Bila sebelumnya telah diberikan tahu mengenai cat epoxy lantai dan jenisnya. Pada peluang kali ini, Anda akan dibuktikan mengenai proses pelaksanaan pengecatan epoxy lantai sampai kepada hasil lantai yang rapi, bersih, dan cantik. Dalam proses pengecatan, terdapat beberapa jenjang, adalah

1. Metode Grinding

Tahap yang pertama yaitu tahap grinding. Tahap grinding ini yaitu tahap pembukaan pori-pori lantai atau pengupasan cat epoxy lantai yang lama. Hal ini dikerjakan agar lapisan cat lebih mudah terserap. Tak hanya itu, dengan membuka pori-pori lantai, membuat noda bekas minyak ataupun debu yang sudah lama tertumpuk dan mengeras bisa terbuang juga. Dalam tahap ini, perlu diketahui bahwa tidak disarankan untuk melakukan grinding dengan Hal karena akan menyebabkan lantai beton menjadi rapuh dikarenakan korosi yang ditimbulkan zat asam dalam kandungannya.

2. Metode Premier

Setelah tahap grinding dengan pengupasan cat epoxy yang lama, maka berikutnya dapat dikerjakan tahap premier. Tahap premier sering kali kali juga disebut sebagai under coat process atau bisa dikatakan juga sebagai tahap pelapisan pondasi awal, yang ialah lapisan cat pertama yang dipakai pada lantai beton. Tahap premier ini bertujuan untuk memasukkan lapisan cat kedalam pori-pori lantai dan merekatkan antara cat epoxy lantai dengan lantai beton.

Perekat antara epoxy dengan lantai beton ini terdiri dari dua komponen, ialah cat epoxy lantai dengan floor hardener yang difungsikan untuk memperkuat permukaan lantai beton terhadap gesekan. Selain itu, dalam proses premier juga sekali-sekali terjadi pemberian warna agar tampak bagus dan menarik, dan pemasangan epoxy mortar sebagai anti bocor.

3. Metode Body Coat

Body coat yaitu cara pendempulan pada proses pekerjaan epoxy yang terdiri dari dua komponen, ialah epoxy dan polyamed, ditambah dengan talk atau silica sand yang berfungsi menutup lubang-lubang kecil dan keretakan pada lantai beton atau dinding. Pendempulan diterapkan dengan scrap atau raskam.

4. Metode Top Coat

Setelah body coat diterapkan pada lantai memakai raskam, kemudian diratakan dengan spek rool sisir bergigi, maka berikutnya dapat dikerjakan proses finishing. Tahap akhir ini dikerjakan dengan melapisi lantai memakai Top Coat, yang berkhasiat untuk mendapatkan ketebalan epoxy yang layak dengan yang diinginkan. Top coat diterapkan dengan roller, semprot, atau kuas.

 

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*