Penggunaan Gadget pada Umur Si Anak Kepada Tumbuh Kembangnya

https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 08 196 1856593 dampak-penggunaan-gadget-pada-usia-anak-sekolah-terhadap-tumbuh-kembang-anak-TCkbMpT2h7.jpg

International School In Jakarta – Gadget, sepertinya tak bisa dihindari lagi. Bukan cuma orang dewasa, si kecil-si kecil umur 6-12 tahun juga telah banyak yang mengoperasikan telepon seluler. Menonton film dan bermain game yaitu aktivitas unggulan mereka.

Seluler dan tablet memang dapat dibilang yakni senjata unggulan para ayah dan bunda untuk membikin si kecil-buah hatinya konsisten duduk hening dan tak rewel. Apalagi bagi ayah dan bunda yang super sibuk dan mempunyai banyak hal mendesak, gadget dapat menjadi alat suap yang tepat sasaran.

Tetapi, kongkretnya penerapan gadget dapat membawa imbas yang cukup besar bagi tumbuh kembang si kecil. Salah satunya tentang berkurangnya kesibukan jasmani yang sepatutnya dikerjakan sang si kecil.

“Buah-si kecil kini menyenangi lupa olahraga. Aktivitasnya telah banyak, belum jikalau sedang hujan ditambah absensi game di gadget bikin males gerak. Zaman kini cuma jari jempolnya yang gerak,” ujar dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, pakar nutrisi klinik, yang dijumpai Okezone berakhir mengisi sebuah acara di wilayah Kebon Sirih, Jakarta Sentra, kemarin.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Cindy ini menerangkan, malas melaksanakan kesibukan jasmani lantaran keasyikan bermain games di gadget dapat berujung pada persoalan obesitas. Di mana si kecil-si kecil bahagia bermain games di gadget diantar oleh bermacam-macam variasi makanan ringan.

“1 dari 10 si kecil di urban Indonesia mengalami obesitas. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tak aktif, seperti menonton TV, main games di gadget, sehingga menyebabkan obesitas. Belum lagi kurang terpapar cahaya sang surya menyebabkan defisiensi vitamin D yang penting untuk tulang,” tutur Cindy.

Memang absensi tipe permainan di gadget dapat membikin si kecil-si kecil bahagia dan tak bosan. Tetapi, demikian Cindy memberi masukan supaya memilih variasi permainan yang dapat mengajak si kecil untuk lebih aktif bergerak di luar ruangan.

Kecuali itu, imbas negatif lain dari penerapan gadget yaitu apabila durasinya terlalu lama diterapkan dapat berpengaruh pada mata dan otak. Sebagai solusinya, batasi si kecil dalam mengaplikasikan gadget. – International School Jakarta

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*